Welcome to My Spot

Cari Blog Ini

Rabu, 25 November 2009

My Story In University Of Gunadarma

Alhamdulillah aku bersyukur kepada Allah SWT. yang dimana aku telah diberikan nikmat yang luar biasa karena perjuangan ku setelah belajar selama 3 tahun di SMA Negeri 08 Bekasi akhirnya berbuah kelulusan. Aku tidak sanggup menahan rasa bahagia ini sekaligus isak tangis karena secara tidak langsung aku harus meninggalkan rumah keduaku ini yang sudah banyak memberikan aku pengajaran berupa ilmu-ilmu yang berguna bagi ku semata-mata untuk mengolah masa depanku nanti dan aku pun bangga mempunyai teman-teman yang selalu berada di samping ku karena tanpa adanya mereka aku tidak akan pernah sampai tahap akhir seperti ini. Begitupun aku tidak akan pernah lupa dengan perjuangan para guru-guru yang telah meluangkan waktunya untuk menurunkan ilmunya kepada ku sehingga aku bisa menjadi seperti seorang yang sudah benar-benar matang akan wawasan akademik maupun non akademik. Dan ini harus aku amalkan dan diimplementasikan dalam kehidupan ku sehari-hari.

Langkah selanjutnya yang harus aku tempuh adalah menuju tingkat studi yang lebih tinggi lagi dari sebelumnya. Pengembangan intelektualitasku beralih dengan memilih tempat kuliah yang sepadan dengan keinginanku. Sempat aku bertanya kepada orang tua ku mengenai kampus yang nantinya harus aku tempati. Aku pernah mencoba untuk mengikuti tes masuk via UMB ( Ujian Masuk Bersama ) yang diselenggarakan ole SMA ku, dimana aku harus memilih 2 PTN dari 5 PTN yang tersedia. Cukup terbatas pilihan kampus yang harus aku pilih. Pada akhirnya aku pun memilih UI ( Fakultas Kesehatan Masyarakat ) dan UNJ ( Tekhnik Kimia ) dengan modal awal Rp 125.000,- untuk mengikuti tes tersebut. Setelah malihat hasilnya, aku tidak lulus di tes UMB, hal itu tidak membuat ku patah arah untuk terus mencari-cari peluang dalam meneruskan studiku. Sempat terlintas pikiran untuk memanfaatkan fasilitas beasiswa yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta ( Cempaka Putih ) dan Universitas Gunadarma ( Kalimalang ). Aku pun mencoba untuk datang ke kampus UMJ tersebut untuk melakukan registrasi dan survey lokasi kampus. Setelah aku berpikir lebih jauh terhadap kampus ini, rasa-rasanya aku tidak ingin kuliah disini lokasinya tidak strategis dikarenakan terlalu jauh dari lokasi rumahku. Selain itu aku harus melakukan outcome lebih banyak untuk motorku karena kendaraanku butuh bensin. Itu yang membuat ku berpikir 2 kali untuk masuk ke kampus UMJ.

Pilihan pertama positif tidak ku pilih, akhirnya aku pilih opsi yang kedua yaitu mendaftarkan diri untuk bergabung menjadi seorang mahasiswa Universitas Gunadarma dengan jalur beasiswa yang diberikan oleh kampus tersebut karena sebelumnya kampus UG membuka Try Out di SMA ku. Yang aku tahu PTS ( Perguruan Tinggi Swata ) itu beda dengan PTN ( Perguruan Tinggi Negeri ). Karena PTS lebih berkonsentrasi untuk mencari mahasiswa sebanyak-banyaknya. Jadi siapapun murid-murid SMA Negeri 08 Bekasi yang ingin masuk ke UG bisa tercapai, dengan catatan harus membawa surat edaran yang merupakan bukti beasiswa dari UG. Aku pun bergegas untuk dating ke kampus yang nerlokasi di daerah Kalimalang, tak jauh sekitar 30 menit dari rumahku. Pada akhirnya aku sampai ke kampus J UG dan beralih ke ruangan tempat registrasi bagi yang mengikuti jalur beasiswa yaitu bertempat di Lt.6. Kedatanganku ke sana merupakan disambut dengan perasaanku yang senang dan bangga karena aku merasa tidak sabar ingin cepat-cepat menjadi penghuni UG. Saat melakukan registrasi, aku kenalkan dengan beberapa jurusan yang tersedia di UG. Sebelumnya aku sudah memiliki basic mengenai jurusan yang harus ku pilih. Pada akhirnya aku menentukan pilihan ku pada sebuah Fakultas Ilmu Komputer ( FILKOM ) dan memilih jurusan Sistem Informasi dengan jenjang Strata 1 ( S1 ). Kenapa aku bisa memilih jurusan itu karena aku ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang ilmu yang berbasis komputerisasi. Jurusan ini merupakan ilmu baru untukku, aku angkatan 2008 dan basis dari IPA ditambah dengan kurangnya pengajaran komputer di SMA ku, menjadi sangat tidak mungkin sekali mengapa aku bisa terpikirkan untuk masuk ke jurusan yang seluruhnya berbasiskan dengan pemakaian logika pemrograman ini. Tapi dengan modal 10% bakat dan 90% keseriusan dan tekad usaha pasti aku bisa menempuh ini semua sampai akhir.

Tahap registrasi sudah aku lewati, langkah selanjutnya aku dan teman-teman calon mahasiswa yang lain harus mengikuti agenda yang ditentukan oleh pihak kampus yaitu menjadi peserta PPSPPT 2008 yang berlangsung selama 1 hari dimana aku akan dikenalkan seputar lingkungan kampus baik intern maupun ekstern, akademik maupun non akademiknya. Setelah melakukan tahap PPSPPT, aku harus mengikuti

0 komentar:

Posting Komentar