Welcome to My Spot

Cari Blog Ini

Rabu, 25 November 2009

My Organizational Experience

Pada dasarnya sebelum masuk ke dalam pengalaman organisasiku dulu, mungkin tidak ada salahnya kita pun harus mereview kembali pengertian dari organisasi itu sendiri. Menurut ku, organisasi itu merupakan kumpulan individu atau kelompok yang saling berinteraksi satu sama lain dimana memiliki fungsi untuk mencapai tujuan bersama.

Secara lebih spesiofik mungkin definisi dari Organisasi itu adalah suatu wadah di mana 2 orang atau lebih yang memiliki pemikiran dan tujuan yang sama untuk kemudian bekerja bersama untuk mencapai tujuan mereka.

Jadi organisasi sangat bermanfaat mengingat manusia adalah makhluk sosial. Setiap manusia pasti punya tujuan dalam hidupnya, dan sangat pasti dia memerlukan orang lain untuk mencapai tujuannya. Dengan kata lain, organisasi membantu manusia mencapai tujuan.

Organisasi itu sendiri dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Organisasi Formal

Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.

2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.

“Inti organisasi belajar adalah kemampuan organisasi untuk memanfaatkan kapasitas mental dari semua anggotanya guna menciptakan sejenis proses yang akan menyempurnakan organisasi”.

Setelah kita mengetahui pengertian dan manfaat dari berorganisasi, maka di blog ini aku akan menuliskan beberapa pengalaman organisasi ku selama aku duduk di bangku SD, SMP, SMA bahkan saat aku duduk di bangku kuliah, kampus tercinta yaitu Universitas Gunadarma...
Mungkin aku tidak hanya menceritakan pengalamanku berorganisasiku saja, tapi aku juga akan menyisipkan beberapa prestasi yang telah aku raih selama ikut suatu perlombaan selama aku ikut organisasi.

Pada tingkat awal aku memulai organisasi yaitu di saat aku duduk di bangku SD yaitu pernah mengikuti Organisasi Dokter Kecil dalam tingkat Se-Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini hanya bertujuan untuk mengenalkan pada dunia kesehatan kepada para anak-anak seusia ku pada saat itu, menjelaskan apa itu Organisasi Dokter Kecil, tujuan mengikuti organisasi tersebut, dan apa saja yang di perkenalkan dalam organisasi itu. Dari situ, aku mendapat pengalaman yang berarti dimana seusiaku aku sudah dapat mendiagnosis berbagai penyakit dan cara penanggulanganya.

Saat aku mulai masuk ke jenjang SMP, secara pribadi kemampuan ku mulai terlihat semenjak dimulainya agenda MOS ( Masa Orientasi Sekolah ). Di sela-sela acara panitia MOS SMP ku membuat lomba kecil-kecilan, salah satunya yang paling menarik adalah Lomba Adzan. Alasanku memilih lomba itu karena aku memang bakat dalam hal adzan. Dengan beberapa kandidat yang telah dipilih menjadi sainganku saat itu, aku mulai berkontribusi dengan baik. Pada saat aku mulai tampil, aku berusaha semaksimal mungkin untuk tampil semaksimal mungkin, agar aku bisa menjadi No.1, ternyata setelah para peserta sudah mulai menunjukkan aksinya masing-masing, dan para juri sudah mulai pusing memikirkan siapa yang harus menjadi juaranya.. sikap ku mulai merasa H2C ( Harap-Harap Cemas ) menunggu kepastian dari juri. Pada akhirnya, juri memanggil diriku sebagai juara pertama Lomba Adzan. Betapa senangnya hatiku, dan pada saat itu juga dan seterusnya aku ditugaskan menjadi tukang adzan di masjiid SMP ku.

Untuk prestasi boleh diuji, tapi tidak lengkap kalau aku tidak menceritakan juga pengalaman organisasiku pada saat SMP. Aku pernah mengikuti Ekstrakurikuler PASKIBRA selama 2 tahun. Dari situ aku mulai bisa belajar mengendalikan diri dalam menemukan berbagai masalah, kemudian aku diajarkan untuk bersikap disiplin dalam management waktu. Semua itu ternyata sangat bermanfaat untuk masa depan ku di kemudian hari. Selain itu pada saat aku mulai naik kelas 3 aku menyempatkan diri untuk bergabung ke dalam ekskul Bola Volley di SMP ku. Sekalian aku menguji kemampuan ku dalam olahraga ini. SMP ku juga pernah mengikuti kejuaran tingkat SMP se-bekasi yang berlokasi di SMA Madrasah Aliyah Negeri 1 yang letaknya di Narogong, Bekasi Selatan. Dan alhamdulillah untuk tingkat putrinya mendapatkan juara 1, sedangkan untuk tingkat putranya hanya sampai juara harapan saja.

Sekarang kita beralih ke tingkat SMA. Saat aku mulai tingkat ini aku mulai berpikir pasti banyak ekstrakurikuler yang tersedia untuk para murid-murid dalam mengembangkan kemampuan dalam berorganisasi. Dari awal aku ingin sekali masuk ke dalam organisasi ROHIS ( Rohani Islam ) yang bernama BISMILLAH ( Benih Islam Bersemi Di Sekolah ), cukup bagus namanya. Alasan ku masuk ke dalam organisasi itu untuk belajar organisasi, dimana dalam ruang lingkup spesifiknya aku ingin melatih kemampuan ku dalam mendiagnosis berbagai masalah yang timbul dalam suatu organisasi yang aku geluti saat itu dan bagaimana caranya supaya aku bisa berkomunikasi dengan orang yang satu dengan orang yang lain. Aku pun pernah dinobatkan menjadi Ketua Rohis pada angkatan ku saat itu. Suatu keputusan yang sangat sulit dimana mau tidak mau aku harus bisa mengikhlaskan semuanya. Ini merupakan amanah yang besar karena aku harus bisa membawa ROHIS SMA ku menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Semenjak aku memegang jabatan menjadi Mas'ul ( Ketua ) ROHIS, ada beberapa prestasi yang telah aku raih. Untuk pribadi, aku memiliki group nasyid untuk ruang lingkup SMA ku, dan sempat mengikuti lomba nasyid di SMA 6 Bekasi. Alhamdulillah tim nasyid ku berhasil menjuarai peringkat ke-2 se tingkat Kota Bekasi dan berhasil membawa trophy dan uang tunai yang nantinya akan aku gunakan untuk keperluan intern organisasiku. Selain itu, ROHIS ku juga mendapatkan juara 1 lomba Cerdas Cermat serta berhasil meraih juara 1 dan 2 untuk kategori lomba Kaligrafi. Yang paling mencengangkan, ROHIS ku pernah mendapat juara 1 untuk Lomba Mading tingkat Kota Bekasi dan sempat ingin dijual seharga Rp 600.000,- karena kualitas mading yang cukup bagus. Suatu hal yang membanggakan.

Untuk tahap saat aku masuk ke jenjang perkuliahan, aku pun sudah join us dengan organisasi FARIS ( Fajrul Islam ), dimana aku ingin mengembangkan kemampuan analisa ku dalam konteks memperluas ilmu agama dalam tingkat perkuliahan. Dan untuk intern, aku juga pernah mengikuti salah satu Workshop yang diselenggarakan oleh pihak kampus, yang berjudul Basic Linux yang bertempat di Kampus Depok. Inilah sedikit dari pengalaman berorganisasiku.

1 komentar:

Bluebow Zone mengatakan...

ok coy..........
bagus isi blognya....

Posting Komentar